Manfa'at Dunia Akherat: July 2011

Tuesday, July 5, 2011

ISTILAH DALAM PERBANKAN

Disebarkan sebagai bagian dari Program Edukasi Masyarakat dalam rangka “Implementasi Arsitektur Perbankan Indonesia
Berikut adalah Istilah populer yang lazim digunakan dalam Kegiatan Perbankan di Indonesia:
  1. AGUNAN (COLLATERAL)
    • Jaminan yang diserahkan nasabah debitur kepada bank dalam rangka pemberian fasilitas kredit atau pembiayaan.
  2. ANJUNGAN TUNAI MANDIRI (ATM)
    • Mesin dengan sistem komputer yang diaktifkan dengan menggunakan kartu magnetik bank yang berkode atau bersandi. Melalui mesin tersebut nasabah dapat menabung, mengambil uang tunai, mentransfer dana antar-rekening, dan transaksi rutin lainnya.
  3. BILYET
    • Formulir, nota, dan bukti tertulis lain yang dapat membuktikan transaksi, berisi keterangan atau perintah membayar.
  4. BUNGA BANK (BANK INTEREST)
    • Sejumlah imbalan yang diberikan oleh bank kepada nasabah atas dana yang disimpan di bank yang dihitung sebesar persentase tertentu dari pokok simpanan dan jangka waktu simpanan ataupun tingkat bunga yang dikenakan terjadap pinjaman yang diberikan bank kepada debiturnya.
  5. CEK (CHEQUE)
    • Perintah tertulis nasabah kepada telah bank untuk menarik dananya sejumlah tertentu atas namanya atau atas unjuk.
  6. DAFTAR HITASM (BLACK LIST)
    • Daftar nama nasabah perorangan atau perusahaan yang terkena sanksi karena telah melakukan tindakan tertentu yang merugikan bank dan masyarakat.
  7. DEPOSITO BERJANGKA (TIME DEPOSIT)
    • Simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu berdasarkan perjanjian nasabah penyimpan dengan bank.
  8. GIRO (CURRENT ACCOUNT)
    • Simpanan yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek, bilyet gori, sarana perintah pembayaran lainnya, atau dengan pemindahbukuan.
  9. INKASO (COLLECTION)
    • Penagihan cek, wesel, dan surat utang lain kepada penerbit surat berharga dan menerima pembayaran dari bank pembayar (paying bank).
  10. KARTU DEBIT (DEBIT CARD)
    • Kartu bank yang dapat digunakan untuk membayar suatu transaksi/dan atau menarik sejumlah dana atas beban rekening pemegang kartu yang bersangkutan dengan menggunakan PIN (personal identification number)
  11. KARTU KREDIT (CREDIT CARD)
    • Kartu yang diterbitkan oleh bank atau perusahaan pengelola kartu kredit yang memberikan hak kepada orang yang memenuhi persyaratan tertentu yang namanya tertera dalam kartu untuk menggunakannya sebagai alat pembayaran secara kredit atas perolehan barang atau jasa, atau untuk menarik uang tunai dalam batas kredit sebagaimana telah ditentukan oleh bank atau perusahaan pengelola kartu kredit.
  12. KIRIMAN DANA (FUND TRANSFER)
    • Perpindahan dana antar-rekening yang berhubungan atau kepada rekening pihak ketiga;
    • Kiriman uang luar negeri antara lembaga keuangan pengirim dan lembaga keuangan lainnya sebagai penerima.
  13. KLIRING (CLEARING)
    • Perhitungan utang piutang antar para peserta secara terpusat di satu tempat dengan cara saling menyerahkan surat-surat berharga dan surat-surat dagang yang telah ditetapkan untuk itu dapat diperhitungkan.
  14. KOTAK SIMPANAN (SAFE DEPOSIT BOX)
    • Jasa penyewaan kotak penyimpanan harta atau surat-surat berharga yang dirancang secara khusus dari bahan baja dan ditempatkan dalam ruang khasanah yang kokoh, tahan bongkar dan tahan api untuk menjaga keamanan barang yang disimpan dan memberikan rasa aman bagi penggunanya.
  15. KREDIT (CREDIT)
    • Penyediaan uang atau tagihan dapat dipersamakan dengan itu berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam-meminjam antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi pelayanan nasabah melalui telepon utangnya setelah jangka waktu tertentu dengan pemberian bunga.
  16. LEMBAGA PENJAMIN SIMPANAN (LPS)
    • Badan hukum yang menyelenggarakan kegiatan penjaminan atas simpanan nasabah.
  17. PIN (PERSONAL IDENTIFICATION NUMBER)
    • Nomor rahasia yang diberikan kepada pemegang kartu (kartu kredit, kartu ATM, kartu debit, dan sebagainya) diberikan yang oleh pembiayaan nomor bank atau kodenya atau ditentukan dapat perusahaan sendiri oleh pemegang kartu.
  18. PRINSIP MENGENAL NASABAH (KNOW YOUR CUSTOMER)
    • Prinsip yang diterapkan bank untuk mengetahui identitas Anda sebagai nasabah dan memantau kegiatan transaksi nasabah.
  19. SISTEM INFORMASI DEBITUR (SID)
    • Sistem yang menyediakan informasi mengenai debitur laporan yang merupakan debitur yang hasil diterima olahan dari oleh Bank Indonesia dari lembaga pelapor.
  20. TABUNGAN (SAVINGS)
    • Simpanan yang penarikannya dapat dilakukan menurut syarat tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro, dan/atau alat lainnya yang dipersamakan dengan itu.
  21. TRANSFER/REMITTANCE
    • Jasa mengirimkan uang dari pemilik rekening satu ke pemilik rekening yang lainnya atau pemilik rekening yang sama, dari kota satu ke kota lainnya atau ke kota yang sama, dalam mata uang Rupiah atau mata uang asing.
  22. UNIT PELAYANAN NASABAH (CUSTOMER RELATION)
    • Bagian atau unit bank yang bertanggung jawab pertanyaan dan memecahkan keluhan yang dihadapi nasabah. Unit ini biasanya disebut unit pelayanan nasabah atau untuk pelayanan nasabah melalui telepon disebut call center.
  23. JAMINAN BANK (BANK GUARANTEE)
    • Jaminan pembayaran yang diberikan kepada pihak penerima jaminan, apabila pihak yang dijamin tidak memenuhi kewajibannya.